Wednesday, February 2, 2022

Sharing Cara Me-renew Residensi Dependen Online

Seringkali kita dengar pertanyaan dari masyarakat yang ingin perpanjang izin tinggal atau visa yang juga disebut Iqomah, untuk itu kami mencoba berbagi informasi cara me-renew residensi dependen secara online. Berikut tahapan yang bisa dilakukan dalam proses online:

  1. Buka halaman https://eres.moi.gov.kw/individual/en/auth/login
  2. Login menggunakan account kita (sponsor) *
  3. Click tombol Renew untuk melanjutkan proses renew residensi dependen. **
  4. Sistem akan melakukan verifikasi residensi dan akan re routing ke halaman pembayaran asuransi.
  5. Di halaman pembayaran asuransii, ada 2 pilihan, pilihan pertama untuk visa 20 home domestic worker etc dan pilihan kedua (pilihan lainnya). Pilih pilihan kedua dan login menggunakan account kita (sponsor) di halaman pembayaran asuransi. ***
  6. Setelah pembayaran asuransi selesai ada tombol untuk kembali ke halaman proses renew residensi lagi atau kita bisa membuka halaman renew residensi  secara manual. **** 
  7. Selanjutnya membayar biaya renew residensi sesuai dengan jumlah tahun bayar asuransi. *****
  8. Setelah selesai pembayaran renew residensi kita akan terima SMS berisi link untuk pembayaran kartu baru civil id.
  9. Klik link yang ada di dalam SMS dan lakukan pembayaran kartu baru civil id dengan mengikuti petunjuk yang ada di layar. ******
  10. Proses renew residensi selesai.

Beberapa informasi tambahan untuk memudahkan kita :



Keterangan :

* Kalau lupa account click forgot password, kalau belum punya account register account dulu.
** Ada 3 tipe status residensi, validity residensi lebih dari 2 bulan (icon hijau), validity residensi berakhir dalam kurang dari 2 bulan (icon kuning) dan validity status expired (icon merah). Dari pengalaman, renew residensi dependen baru bisa dilakukan jika validity residensi dependen masuk dalam kategori kurang dari 2 bulan akan expired.
*** Kalau dependent ada di dalam Kuwait maksimum dapat 2 tahun perpanjangan (80 KWD) kalau di luar Kuwait hanya dapat perpanjangan  1 tahun (40 KWD). 
**** Data pembayaran asuransi membutuhkan waktu +- 15 menit untuk terupdate ke sistem renew residensi (MOI). Kalau datanya belum terupdate kita belum bisa melanjutkan proses renew residensi.
***** Untuk 1 tahun 10 KWD untuk 2 tahun 20 KWD.
****** Biaya pencetakan kartu civil id yang baru 5 KWD.
******* Untuk informasi tambahan nomor 2, coba terus selama beberapa hari submit request delivery sampai request kita diterima. Dari pengalaman biasanya membutuhkan 4-5 hari (kali) pengajuan request, baru requestnya diterima mereka.

Setelah request diterima lakukan pembayaran dengan mengikuti petunjuk yang ada. Good Luck! Thanks to Bro Ferral Hisman Maaz.



Salam Diaspora!!!

0 comments:

Post a Comment